tekad

Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young.
– Henry Ford

 

Dear readers,

Setahun belakangan ini, secara silih berganti, saya merasakan pengalaman-demi pengalaman baru yang belum pernah saya bayangkan. Sejujurnya selama beberapa tahun belakangan, meskipun ketika masih lebih muda saya dikenal senang belajar hal baru, saya menghadapi kejenuhan yang membuat saya enggan untuk meninggalkan rutinitas yang entah semenjak kapan terbentuk. Saya hanya mendengar musik yang sama, membaca buku dengan genre yang tidak jauh berbeda dengan yang biasanya saya sukai, menghabiskan waktu dengan teman-teman yang sama, pergi ke kafe yang tidak berbeda, serta banyak hal lain yang tidak menawarkan setidaknya hal baru di dalam hidup.

Teruntuk hari ini, saya ingin kembali mendorong diri saya untuk melakukan hal berbeda dari biasanya setiap hari. Barang kali saya bisa memulai dengan mendengarkan setidaknya satu musik berbeda setiap hari, atau kembali belajar memainkan satu dua musik. Dipikir-pikir, saya sudah lama tidak melanjutkan otodidak belajar musik akibat kesibukan pekerjaan ditambah dengan kesibukan semenjak kembali kuliah. Dipikir-pikir lagi, saya sudah sangat lama tidak mempelajari hal-hal yang sama sekali baru. Yah, jangankan belajar hal-hal baru, melakukan hal baru sudah tidak pernah menjadi pilihan. Mungkin inilah yang menyebabkan saya merasa bosan dan ‘berasa tua’.

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah membaca salah satu lini masa dari akun Humans of New York.

whatsapp-image-2019-01-08-at-11.57.46.jpeg

Adapun, keterangan di bawah foto ini berbunyi kira-kira seperti ini,

Saya berbeda dari kebanyakan orang. Saya tidak pernah bersedih. Saya menciptakan kebahagian hidupku melalui disiplin. Saya tidak mengkonsumsi minuman kerasa, saya tidak merokok, saya tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak fiber. Setiap hari saya berjalan kaki mengelilingi taman serta memikirkan tentang keseimbangan hidup. Saya pernah menjadi seorang koki, desainer fashion, pelukis, dan saat ini saya mempelajari bela diri. Saya berlatih Tai Chi di taman setiap pagi. Berlatih Tai Chi membantu memberikan energi pada lukisan-lukisan saya. Saya telah mempelajari 42 gerakan di dalam Tai Chi, jauh di atas teman-teman. Saat ini usia saya hampir 80 tahun, namun kebanyakan wanita yang juga adalah teman-teman saya mengatakan jika saya terlihat masih berusia lima puluh tahun.

Kembali mengunjungi laman instagram di atas membuat saya merasa malu pada diri saya. Menariknya, laman di atas saya kunjungi sekitar tahun 2015. Empat tahun setelahnya, saya masih kembali mengunjungi laman tersebut. Saya tidak ingat apa yang tepatnya menahan diri saya untuk tidak sesemangat dulu. Bagi teman-teman yang sudah mengenal saya, tentu sadar jika saya bukan tipe yang memiliki resolusi. Namun kali ini, jika ingin mnyebutnya sebagai resolusi, saya ingin sekali mulai kembali rajin menulis. Dengan menulis, saya jadi kembali belajar untuk setidaknya mengenal diri saya sendiri lebih dalam.

PHOTO BY: YLANITE KOPPENS FROM STOCKSNAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s