#10 What If; serious scientific answers to absurd hypothetical questions

What if, Seroious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Question

Judul : What if?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions
Penulis : Randall Munroe
Penerbit : Houghton Mifflin
Tahun cetakan : September 2014
Jenis : Ebook
ISBN : 9780544272644
Rating : 5/5

Kebanyakan saya hanya menulis resensi buku-buku fiksi ya, hohoho, kenyataannya ialah belakangan saya memang selalu membaca buku-buku fiksi. Jadi untuk membuat blog ini lebih berwarna, saya memutuskan  menulis resensi buku non-fiksi terakhir yang saya baca dan ternyata super keren ini.

Jawaban ilmiah bagi pertanyaan-pertanyaan paling absurd

Pernahkah Anda berpikir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan paling aneh yang terbenak di kepala Anda? Pertanyaan-pertanyaan tersebut semisal, when, if ever, will Facebook contain more profiles of the dead people than living oneWhat if everyone actually had only one soul mate, a random person somewhere in the world? How many unique English tweets are possible and how long would it take for the population of the world to read them all out load? How long could the human race survive on only cannibalism? Jika Anda tertarik untuk mengetahui jawaban logis sekaligus sarat akan ilmiah dari pertanyaan-pertanyaan unik ini, buku What If?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions karangan Randall Munroe ini akan menjadi rekomendasi seru untuk dinikmati. Pertanyaan-pertanyaan yang dimuat pun tidak melulu seputar sains dan teknologi, tetapi juga mengenai sejarah, bahasa, bahkan cinta.

Randall Munroe, penulis buku ini, sebenarnya sempat bekerja sebagai peneliti di Robotika NASA. Ia lalu keluar dari pekerjaannya karena alasan yang cukup unik, yakni karena lebih senang menggambar komik. Ia lalu mengelola sebuah website comic (webcomic) yang memuat ilustrasi mengenai sains dan teknologi bernama xkcd.com. Tidak butuh waktu lama untuk membuat websitenya ramai dikunjungi sebelum blog ini mejadi sepopuler sekarang.

Sejak awal, buku ini menarik perhatian saya karena menawarkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan segar yang sebelumnya mungkin hanya dianggap angin lalu sebelum akhirnya dilupakan. Ada sekitar 68 pertanyaan paling sering dibaca oleh pengunjung website-nya, yang dikumpulkan untuk dibukukan pada edisi ini. Anda akan tetap mampu memahami buku ini sekalipun sebelumnya tidak mendalami ilmu sains karena jawaban-jawaban yang diberikan justru lebih ditujukan pada kalangan awam. Semua jawabannya dikemas dengan cara yang singkat namun berisi, selain itu pembaca juga bisa menikmati setiap jawaban dari pertanyaan yang dianggap aneh ini dengan ilustrasi-ilustrasi yang lucu. Karenanya, kekonsistenan penulis dalam menjawab seluruh jawaban absurd secara ilmiah sekaligus selingan humor yang tinggi menjadikan buku ini sangat seru untuk dibaca.

Terakhir, saya ingin sekali agar para pelaku penerbit di Indonesia mau berbaik hati menerjemahkan buku ini. Buku ini bagus untuk dikoleksi di perpustakaan-perpustakaan sekolah karena bisa memicu rasa ingin tahu pembaca sehingga saya yakin akan ada banyak sekali manfaatnya.

One thought on “#10 What If; serious scientific answers to absurd hypothetical questions

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s