Surat Rosetti

Judul : The Rosetti Letter-Surat Rosetti  
Penulis : Christi Phillips  
Penerbit : gramedia Pustaka Utama  
Halaman : 528 halaman  
Kategori : Romance, Tragedy, Supense 

Buku ini sungguh unik karena mengisahkan dua orang tokoh sekaligus yang berbeda, yakni lessandra Rosetti dan Claire Donovan. Dibuka oleh seorang gadis bernama Alessandra Rosetti, peremupuan pelacur yang paling dicari di Venesia selama kehadiran bangsa Spanyol di Italia. Di dalam cerita tersebut dikisahkan jika Alessandra Rosetti berada dalam kurun waktu yang sama saat terjadinya Konspirasi Spanyol, sebuah topik yang diangkat oleh seorang sejarawan bernama Claire Donovan dalam disertasinya.

Alessandra Rosetti adalah gadis cerdas yang cukup makmur di zamannya. Sayangnya, keluarganya mendadak meninggal dan semua hartanya habis. Sebenarnya gadis itu memiliki harta simpanan lainnya, namun tanpa ia sadari ternyata hartanya telah dihabiskan oleh laki-laki yang semula mencintainya. Kenyataan pahit harus dihadapi gadis baik-baik tersebut karena selama ini laki-laki tersebut hanya menginginkan hartanya. Tidak aneh jika pada akhirnya, Alessandra diminta untukk menjadi seorang biarawati. Sayangnya, menjadi seorang biarawati pada masa itu sama buruknya dengan menjadi pelacur. Di saat yang bersamaan, ia tanpa sengaja bertemu dengan pelacur paling terkenal, yang akhirnya mengubah jalan hidupnya. Akibat dari pekerjaannya sebagai pelacur, ia pun terseret ke antara polemik berbagai persekutuan antara pemerintahan Venesia dan Spanyol yang menjadi awal dari sebuah sejarah paling penuh dengan misteri, yakni konspirasi Spanyol. Apakah yang akan dihadapi oleh Rossetti selanjutnya? Lalu mengingat pekerjaannya sebagai pelacur serta masa lalunya yang hanya dimanfaatkan oleh pria karena kekayaannya, mungkinkah ia bertemu dengan seseorang yang benar-benar mencintainya? Bagaimanakah jalan kisah Rossetti di tengah-tengah konspirasi yang dijalankan oleh Spanyol pada Venesia?

Beratus-ratus tahun berikutnya, Claire Donoven, seorang sejarawan yang ingin menyelesaikan disertasinya meneliti tentang konspirasi ini dari sudut pandang Surat yang dibuat Rosetti. Sementara itu di saat yang bersamaan, seorang profesor terkemuka dari Cambridge pun tengah melakukan penelitiannya mengenai konspirasi ini dengan sudut pandang yang sama dengan Claire. Mau tidak mau ini membuat Claire kaget dan begitu penasaran dengan isi seminar yang dilakukan oleh profesor tersebut. Apa yang akan ditemukan Claire setelah menghadiri seminar tersebut? Dan mampukah ia menguak sejarah konspirasi Spanyol di balik surat-surat yang ditinggalkan Rosetti?

Jujur, saya sangat menyukai buku ini. Selain berlatar belakang sejarah, sang pengarang, Christi Phillips, sukses mebuat buku yang sulit ditebak. Akibatnya, bahkan ketika saya telah selesai menutup buku ini saya masih terbayang dengan kisah yang dialami oleh Rosetti hingga seakan-akan saya turut merasakan apa yang dialami oleh para tokoh utama di dalam buku ini.

Well, yang pasti saya merasa kalau buku ini layak untuk dibaca. Apalagi untuk orang-orang yang senang membaca cerita-cerita berlatarbelakang sejarah yang penuh dengan intrik.

2 thoughts on “Surat Rosetti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s